JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses metakognitif yang terjadi pada mahasiswa S1 Pendidikan Matematika tahun pertama dalam menyelesaikan masalah pembuktian sederhana. Hal ini didasarkan fakta bahwa metakognisi memiliki peran penting dalam proses problem-solving. Proses metakognitif yang diteliti difokuskan pada tiga proses metakognitif dalam konteksproblem-solving yang diklasifikasikan oleh Wilson, yaitu: metacognitive awareness,metacognitive regulation, dan metacognitive evaluation. Hasil diperoleh dari satu subjek penelitian yang diberikan soal pembuktian sederhana dan menyelesaikannya secara individu. Data diperoleh dari post-task interview dan kuisioner self-monitoringuntuk menyelidiki proses metakognitifnya pada saat menyelesaikan masalah. Hasil analisis data menunjukkan terdapat 20 aktivitas metakognitif yang terdeteksi selama subjek menyelesaikan masalah pembuktian yang diberikan. Proses metakognitif yang terjadi didominasi oleh metacognitive regulation dan metacognitive evaluation.

Keyword

Metakognisi,Proses Metakognitif,Problem Solving,Pembuktian
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak